Membuat DHCP Server Dengan Windows Server 2003

Windows Server 2003 DHCP

Penggunaan TCP / IP sangatlah penting pada sebuah Network atau Jaringan, Karena dengan TCP / IP kita bisa mengenali sebuah address dari sebuah Client. Nah, DHCP atau Dynamic Host Configuration Protocol juga penting karena ini memudahkan kita dalam pemberian IP kepada sebuah client atau Workstation. Dengan DHCP kita tidak perlu lagi menggunakan mode manual dalam memberikan sebuah IP address kepada setiap workstation karena DHCP akan memberikan IP tersebut secara dinamis kepada setiap client.

DHCP itu sendiri memiliki 2 jenis :
  • DHCP Server
    Yaitu yang memberikan alamat IP. DHCP jenis ini hanya terdapat pada Windows Server saja.
  • DHCP Client
    Yaitu yang menerima alamat IP yang telah diberikan oleh DHCP Server. DHCP jenis ini terdapat pada setiap versi Windows mulai dari Windows 9X

IP Address diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. DHCP server umumnya memiliki sekumpulan alamat yang diizinkan untuk didistribusikan kepada klien, yang disebut sebagai DHCP Pool. Setiap klien kemudian akan menyewa alamat IP dari DHCP Pool ini untuk waktu yang ditentukan oleh DHCP, biasanya hingga beberapa hari. Manakala waktu penyewaan alamat IP tersebut habis masanya, klien akan meminta kepada server untuk memberikan alamat IP yang baru atau memperpanjangnya.

Nah, Sekarang langsung aja kita melihat cara installasi DHCP pada Windows Server 2003. Berikut ini merupakan nama klien serta IP yang akan saya pakai pada percobaan kali ini.

Installasi DHCP Server
  1. Untuk melakukan penginstallan DHCP bisa dilakukan melalui Start -> Control Panel -> Add / Remove Programs
  2. Setelah itu pilih Add or Remove Windows Components. Setelah itu akan muncul window Windows Components, Pilih Network Services lalu pilih Details.
  3. Checklist Dynamic Host Configuration Protocol(DHCP)
  4. Tunggu sampai installasi DHCP selesai. Jika sudah selesai masuk ke Start -> Administrative Tools -> DHCP untuk kita melakukan konfigurasi pada DHCP tersebut.
  5. Setelah muncul window DHCP, lalu kita mulai melakukan konfigurasi DHCP Scope. Klik kanan pada nama server lalu pilih New Scope
  6. Klik tombol next untuk konfigurasi berikutnya, lalu masukan nama scope yang kalian inginkan.
  7. Setelah memberikan nama pada DHCP Scope, klik tombol next. Setelah itu kita akan mengisi IP Address Range untuk membatasi IP yang akan kita gunakan pada DHCP. Setelah di tambahkan IP range, Klik tombol next.
  8. Selanjutnya adalah Add Exclusions, merupakan sebuah Address yang tidak akan terdistribusikan ke client. Jika sudah memberikan IP Start dan End nya klik tombol add lalu next.
  9. Pada Lease Duration klik tombol next, dan klik tombol next kembali pada Configure DHCP Option.
  10. Masukan Default Gateway yang akan di pakai pada IP tersebut, lalu klik tombol Add. Setelah itu Next.
  11. Pada Server Name Masukan nama server yang di pakai, Klik tombol resolve lalu akan muncul IP Address yang server gunakan. Klik tombol add lalu next.
  12. Klik Next pada WINS SERVER
  13. Pada Active Scope klik tombol next lalu akan melakukan installasi dan setelah itu pilih tombol finish untuk restart server.
Installasi DHCP pun selesai. Sekarang kita mendistribusikan IP Address tersebut ke pada DHCP Client agar mereka saling terkoneksi satu sama lain. Mudah bukan ? Jangan lupa untuk di ulang - ulang agar tidak lupa. Happy Sharing !

No comments

Powered by Blogger.