MySQL : Membuat Database dan Table di phpMyAdmin

Dalam pemrograman pastinya akan dibutuhkan sebuah penyimpanan data ataupun informasi yang telah di input oleh user didalam aplikasi ataupun website yang telah kita buat. Nah, pembuatan database tersebut sangatlah mudah dengan phpMyAdmin, dikarenakan adanya visual tools yang membantu kita dalam pembuatan database, table ataupun record.

Untuk bahasan kali ini kita akan membahas tentang membuat database dan table di phpMyAdmin, saya menggunakan XAMPP untuk mengakses localhost database. Belum punya software XAMPP ? Bisa di download disini. :


Lakukan installasi software XAMPP pada komputer kalian dan mari kita bahas step by step nya !

  1. Lakukan start service module apache dan mySQL pada XAMPP Control panel dengan menekan tombol start pada bagian actions. Jika berhasil akan menjadi tanda hijau dan muncul port yang digunakan oleh service tersebut
  2. Masuklah ke browser kalian (Mozilla, Google Chrome Recommended) lalu masukan link localhost/phpmyadmin. Jika kalian mengganti port default menjadi yang lain, jangan lupa cantumkan port di belakang localhost (localhost:8080/phpmyadmin)
  3. Jika berjalan normal phpMyAdmin akan menunjukan halaman seperti berikut
  4. Klik Tombol New untuk membangun sebuah database baru.
  5. Masukan nama database yang ingin kalian buat, pada bahasan kali ini saya akan menggunakan nama "LATIHAN". Sesuaikan dengan kebutuhan ya.
  6. Jika sudah dibuat, database tersebut akan membutuhkan table untuk menginput record , masukan nama table serta banyak kolom yang ingin dibuat pada table tersebut. Tekan Go jika sudah selesai.
  7. Bagian selanjutnya kita harus mengisikan masing - masing dari nama kolom yang ingin kita buat, bisa dilihat di contoh gambar ya. Dan jangan salah memberikan type data kolom tersebut.
  8. Jika table berhasil di buat maka akan muncul tampilan seperti ini .
  9. Database dan table sudah berhasil kita buat.

Mudah kan membuat nya ? Jika kalian ingin menggunakan perintah atau query untuk membuat database dan table, bisa klik tombol SQL di bagian atas, lalu masukan kode berikut ya.
CREATE DATABASE LATIHAN;

Jika table sudah terbentuk kalian bisa memasukan nama table yang ingin dibuat di database tersebut. Misalkan

CREATE TABLE tbl_latihan (

NPM BIGINT NOT NULL PRIMARY KEY,
NAMA VARCHAR(25) NOT NULL,
ALAMAT VARCHAR(50) NOT NULL,
NOMOR VARCHAR(25) NOT NULL,
STATUS VARCHAR(15) NOT NULL,

);
Langkah tersebut sama saja hasil nya dengan yang sudah dibuat di atas. Hanya saja kita menggunakan perintah di dalam nya.

Sekian informasi yang saya berikan, semoga bermanfaat ya ! Happy Sharing !

No comments

Powered by Blogger.